11 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

11 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap AwetSeiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dari waktu ke waktu tak dapat di hindari. Termasuk dalam bidang otomotif, banyak perusahaan berlomba-lomba memproduksi kendaraan dengan fitur-fitur yang berteknologi tinggi. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang mencari bahkan mengoleksi mobil-mobil tua. Bagi pemilik mobil-mobil tua, mereka tidak memandang mobil tersebut dari sisi teknologi melainkan dari nilai estetika dan keunikan mobil itu sendiri. Namun sesuai dengan namanya, mobil tua pastinya memiliki mesin yang tua pula. Cara merawat mobil tua tidak seperti mobil-mobil pada umumnya.

Perlu ada penanganan khusus dan tidak bisa sembarangan.Selain itu biaya yang dikeluarkan sebagai perawatan mobil juga tidak sedikit. Sebenarnya tidak terlalu sulit merawat mobil tua, bagi anda pemilik mobil-mobil tua hanya dituntut agar lebih memperhatikan kendaraan anda, berikut beberapa saran yang mungkin dapat membantu anda untuk merawat mobil tua kesayangan anda.

11 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet1. Mengecek mesin mobil secara teratur

Cara Merawat Mobil Tua yang pertama adalah memastikan mesin mobil di cek secara teratur, bahkan jangan ragu tune up secara rutin. Bagi anda pemilik mobil tua, anda harus rutin melakukan pengecekan pada mesin mobil anda. Mesin mobil tua sangat rentan rusak dan mogok. Pastinya anda tidak mau mengalami mogok ketika berada di tengah jalan. Oleh sebab itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mesin mobil selalu fit ketika digunakan untuk berkendara. Apabila dirasa peforma mesin mobil anda menurun, anda dapat melakukan tune up. Anda dapat melakukan tune up sendiri atau pun membawanya ke bengkel.

Tune up akan membuat mobil tua anda selalu dalam keadaan yang prima. Selain itu, periksa pula komponen penting lainnya. Apabila anda menemukan komponen yang sudah rentan dan rusak, sebaiknya anda langsung menggantinya dengan komponen yang baru.

2. Pemakaian Oli dan Bahan Bakar

Mesin mobil tua yang sudah dipakai lebih dari 10 tahun membutuhkan asupan oli esktra agar performa tetap terjaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil tersebut pasti sudah ringkih karena terlalu lama dipakai. Sebaiknya anda mengganti oli mobil anda setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi mesin dapat ditekan dan meringankan beban kinerja mesin mobil anda.

Untuk proteksi yang lebih maksimal anda dapat menggunakan oli yang memiliki kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W. Selain itu pastikan untuk memilih kandungan bahan bakar yang berkualitas. Kandungan bahan bakar yang berkualitas akan menjaga dan merawat kualitas dan peforma mesin mobil tua anda agar tetap bersih dan tidak gampang mengalami kebocoran.

Pilihlah bahan bakar yang non subsidi seperti pertamax. Kandungan bahan bakar yang berkualitas tidak mengandung karat yang dapat membahayakan mesin mobil anda. Lakukan pengisian bahan bakar secara teratur agar dapat mencegah pengeroposan pada tangki bahan bakar anda.

3. Perhatikan kabel, ring, dan karet penyangga

Selain rutin memeriksa mesin kendaraan. Jangan lupa perhatikan beberapa komponen penting seperti kondisi kabel, ring, dan karet-karet penyangga. Untuk masalah kabel, perhatikan apakah kabel-kabel pada mobil anda sudah getas atau tidak atau dalam kondisi mengelupas atau tidak. Kabel yang getas dan mengelupas dapat menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

Selain itu, kabel yang sudah getas dapat menyebabkan terjadinya percikan dipermukaan kabel yang dapat mengakibatkan kebakaran. Sebaiknya ganti kabel apabila sudah ada dalam kondisi tersebut. Untuk masalah ring, perhatikan kondisi ring mobil anda. Apabila ring anda sudah lemah dan berkarat sebaiknya segera ganti dengan ring yang baru. Penggantian ring dapat membuat aliran bensin kendaraan anda lebih lancar dan suara mesin tidak akan menjadi kasar.

Perhatikan pula karet penyangga yang berada di pintu-pintu mobil. Karet penyangga dapat mudah robek apalagi jika sudah terlalu lama digunakan. Karet penyangga yang sudah tidak layak pakai akan menimbulkan suara desing saat anda mengendarai mobil dan juga dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya seperti masuknya air hujan ke dalam mobil.

4. Perhatikan velg dan ban mobil

Ban merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan mobil. Cek keadaan ban mobil anda secara rutin dan berkala. Ban mobil yang tipis dapat menyebabkan bahaya bagi pengemudi. Anda juga dapat merawat ban mobil anda dengan melepas keempat ban mobil dan menggantinya dengan dongkrak ketika sedang tidak digunakan. Hal ini dapat mencegah ban anda rentan berkarat karena terlalu lama menahan bobot mobil ketika sedang tidak dipakai. Jangan lupa pula untuk mengecek tekanan angin ban mobil anda.

Tekanan angin pada ban mobil anda merupakan salah satu faktor penting keselamatan dalam berkendara. Setidaknya lakukan pemeriksaan satu bulan sekali. Sebaiknya anda mengganti velg dan roda pada mobil anda apabila sudah dalam kondisi rusak dan berkarat. Dengan mengganti velg dan roda, anda dapat meningkatkan performa mobil tua anda. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin tidak sedikit namun tidak sebanding apabila terjadi kerusakan-kerusakan parah kedepannya.

Selain itu perhatikan kaki-kaki mobil. Mobil yang telah berusia tua terkadang memiliki kondisi yang sudah tidak sekuat mobil lainnya. Maka dari itu perhatikan kekuatan kaki-kakinya. Mobil tua anda harus selalu dalam keadaan yang prima pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspense, dan karet stabilizer. Apabila anda mendengar ada suara-suara yang mengganggu pada mobil, bisa jadi ini disebabkan besi-besi yang saling berhimpitan diantara kaki-kaki.

5. Bersihkan mobil secara teratur

Bukan hanya membersihkan bagian bodi mobil saja, namun anda juga harus membersihkan hingga ke semua bagian mobil yang dapat anda jangkau. Anda dapat membersihkan mobil anda seminggu sekali menggunakan lap basah ataupun dengan penyemprotan. Hindari penggunaan deterjen untuk mencuci mobil karena kandungan pada detergen dapat merusak warna mobil.

Pakailah shampo khusus untuk mobil. Dan sebelum mencuci, pastikan tidak ada bagian mobil yang bocor dan rawan terkena air. Dengan membersihkan dengan teratur tentu hal ini akan menambah kenyamanan anda dalam mengendarai mobil tua anda. Selain itu, anda akan dapat menemukan masalah-masalah lain yang mungkin ada pada mobil tua anda dan dapat dengan segera memperbaikinya.

6. Gunakan Vocum Cleaner

Cara merawat mobil tua dengan vocum cleaner sangat dianjurkan dibandingkan dengan perawatan atau mencuci bagian bagian mobil tersebut dengan air. Mobil tua sebaiknya sudah anda minimlisir terkena berbagai jenis sabun atau shampo mobil terlalu sering, bergitu juga dengan bagian dalamnya.

Usahakan disedot dengan vocum cleaner secara rutin agar tidak merusak bagian bagian dalam dibandingkan dengan menggunakan air. Selain itu, debu atau kotoran yang lama menempel pada mobil tua dikhawatirkan dapat berdampak pada karatan atau korosi pada mobil tersebut.

7. Lepas Kepala Aki

Apabila anda sedang tidak menggunakan mobil tua anda, lebih baik jika melepas kepala aki mobil anda. Hal ini dilakukan untuk memutus aliran sistem listrik sehingga dapat memperpanjang usia aki mobil anda. (Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil )

8. Gunakan Cover Jok

Anda juga dapat menambahkan cover pada jok mobil anda . Penggunaan cover tebal dapat menambah kenyaman saat berkendara. Selain itu cover juga berfungsi untuk menghindari dari berbagai kotoran yang dapat menodai jok secara langsung dan juga menjaga agar jahitan pada jok mobil anda tidak mudah lepas.

9. Gunakan compound Agar mobil mengkilap

Tidak hanya bagian interior mobil yang perlu anda perhatikan dan perbaiki. Namun untuk menambah kenyaman anda dalam berkendara, anda juga harus merawat bagian eksterior mobil. Yang paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah menggunakan compound sehingga mobil anda terlihat lebih mengkilap.

10. Mengecat ulang mobil

Anda juga dapat mengecat ulang mobil jika dirasa bodi mobil sudah terlihat kusam dan banyak goresan. Jika anda bersedia untuk mengeluarkan uang lebih, anda juga dapat memodifikasi mobil tua anda seperti keinginan anda. (Baca juga: Cara Mengecat Mobil )

11. Gunakan Sarung Mobil

Selain itu untuk menjaga penampilan eksterior mobil, anda dapat memakaikan cover untuk menutupi mobil anda. Apalagi jika mobil anda sering diparkirkan diluar garasi atau pun mengunjungi daerah daerah panas. Hal ini juga dapat menghindari mobil dari getah pohon, kotoran burung ataupun kotoran lainnya yang susah dibersihkan.

Merawat mobil tua tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda dapat melakukan perawatan berkala dengan membaca buku manual yang tersedia pada mobil anda. Apabila anda ingin mengganti komponen mobil anda pastikan anda menggunakan komponen yang sesuai spesifikasi pabrik pembuatan mobil. Jangan terpengaruh hanya dengan harga yang murah namun barang yang didapat tidak jelas. Tentu ini dapat merugikan kendaraan anda nantinya. Dengan melihat buku manual, anda juga dapat terhindar dari over maintaining yang dapat menghabiskan uang anda. Dan jangan terpengaruh oleh bengkel-bengkel “nakal” yang menawarkan perawatan di luar buku panduan anda.